Minggu, 11 Mei 2008

UNDANGAN KHATMUL QUR'AN


Seperti biasa pada setiap hari libur KBRI dan libur resmi di Libya saya melaksanakan shalat di masjid dekat ruma (libur resminya hari Jum'at dan Sabtu). Pada awalnya ketika saya shalat berpakaian biasa dan memakai tob (pakaian Arab), bagi jamaah yang lain merupakan pemandangan biasa. Suatu ketika pada shalat subuh dan rasanya masih terlalu dingin buat saya yang baru tiba dari Jakarta, saya memakai peci hitam. Jamaah baru sadar kalau saya adalah orang asing. Dan peci hitam itu mereka sangat familiar dengan bangsa Indonesia yang dipopulerkan oleh Presiden pertama RI Bung Karno. Akhirnya saya muai dikenal. Ada beberapa orang jamaah yang mulai gobrol dan tanya sana sini seperti dari mana asal, kerja dimana dan lain-lain. Mereka akhirnya familiar dengan saya dan tahu saya berasal dari Indonesia.

Ternyata mereka sangat ramah dan bersahabat. Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Pada hari Sabtu, tanggal 10 Mei 2008 sehabis shalat maghrib saya diundang untuk dapat menghadiri tasyakuran Haflah Khatmul Qur'an yang dilakukan di beranda Masjid, tapi berbentuk ruangan. Ternyata terdapat 4 orang yang telah hafal Al-Qur'an. Kemudian jamaah memberikan ucapan selamat. Mereka menyuguhi jamaah yang hadir makanan khas Arab masakan Libya. Nasi kambing dicampur bawang bombai dan kacang khumus yang dimasak bareng. Rasanya lezat sekali. Dan saya adalah satu-satunya orang asing yang berada di haflah tersebut. Alhamdulillah saya seolah bersama jamaah hufaz Qur'an dan mendapat kehormatan mendapat undangan tersebut dan menikmati hidangan yang sangat lezat. Masakan khas Libya itu tidak pernah saya rasakan sebelumnya di negara Arab lain yang pernah saya tinggal seperti di Saudi Arabia maupun di Mesir. Kalau di Saudi terkenal dengan masakan nasi kabuli (mandy), salik, madzby dan lain-lain maupun Mesir dengan nasi minyaknya. Tapi masakan Libya ini khas bagi saya yang sering dan biasa menikmati masakan dan makanan khas Arab lainnya.

Mau coba, silahkan datang dan menghafal Al-Qur'an dulu.... he..he..he..

Tidak ada komentar: