Senin, 05 Mei 2008

PT CGK


Hari ini, Kamis, 1 Mei 2008 KBRI bekerja sama dengan PT CGK-IKPT (Inti Karya Persada Teknik) mengadakan malam gembira dengan mengadakan lomba karaoke, door prize dan photo bersama. PT CKG-IKPT adalah sebuah perusahaan Konsorsium yang mengerjakan proyek-proyek besar di Libya. Karyawannya cukup banyak. Acara yang diadakannya ini dihadiri kl 250 orang karyawan mereka. Pada saat kedatangan saya ikut dalam penerbangan tersebut 6 orang pegawai mereka. Bahkan banyak juga pilot dan pramugari yang bekerja di maskapai penerbangan milik pemerintah Libya.

Libya mempunyai dua buah perusahaan penerbangan. Libyan Air dan Afriqiyah Airways. Kedua perusahaan ini akan merger. Route penerbangan mereka melayani jalur kota-kota di benua Afrika dan benua Eropa. Dari namanya, Afriqiyah Airways kita bisa memahami bahwa orientasi Libya lebih banyak fokus kerjasama dengan negara-negara Afrika melalui Organisasi Negara-Negara Afrika (OAU). Bahkan mereka menyebut dengan Bab Afrika (Pintu Afrika). Dan berita-berita benua Afrika tidak banyak terekpos dalam media dan berita di tanah air.

Dari brand yang bisa kita lihat, nampak merek-merek Korea merajai konsumen libya, terutama kendaraan roda empat. Mobil Hyundai paling banyak di jalan Tripoli, terutama taxi. Mobil jepang ada tapi tidak sebanyak mobil-mobil Korea. Mobil Eropa juga banyak. Harga mobil dibandingkan di Jakarta jauh lebih murah di Tripoli, bahkan bisa dua kali lipat. Di Jakarta dapat satu buah, di Tripoli bisa dapat dua dari jenis yang sama.

Hp samsung juga cukup banyak, disamping Nokia dan merek lain. Computer juga brand-brand terkenal ada, seperti Toshiba, NEC, DELL dan HP. Cuma saya belum lihat Lenovo.


Acara hiburan dan lomba cukup meriah dan menghibur bagi warga Indonesia di Libya. Acara berakhir hingga jam 02.00 dini hari. Di Jakarta sudah jam 06.00 pagi, sudah sarapan lontong sayur.

Tidak ada komentar: