Senin, 06 Oktober 2008

WANITA IRAN LEBIH MEMILIH PRIA LEBIH MUDA


Perkawinan wanita Iran dengan pria yang usianya lebih muda menjadi fenomena baru di Iran. Menurut data yang dilansir oleh Badan Statistik Iran baru-baru ini, menunjukkan bahwa perbedaan usia tersebut bisa mencapai antara setahun hingga 5 tahun, dengan catatan adanya 1043 pasangan pengantin wanita lebih tua dari pria, antara 10 hingga 20 tahun. Dalam waktu 3 bulan tahun (2008) pusat Statistik mencatat 132 perkawinan dimana usia wanita lebih tua 20 tahun dari pasangannya.

Fenomena ini dianggap fenoena baru di Iran. Bisa jadi hal dipicu oleh masalah ekonomi. Menurut Husain TZ, pakar urusan sosial di Pemda Tehran mengatakan bahwa fenoena tidak lazim di Iran, walaupun para agamawan menyandarkan pandangannya pada perkawinan nabi dengan Khadijah. Dia berpendapat bahwa penyebabnya adalah masalah ekonomi dan persoalan seksual ketika seorang pemuda berkenalan dengan wanita lebih tua atau janda yang mempunyai kedudukan ekonomi bagus maka mereka menerimanya sebagai istri. Juga terdapat wanita yang kaya raya yang tidak mendapatkan kebahagiaan pada pasangan suaminya, setelah bercerai ia mencari pasangan muda yang lebih kuat, macho, muda dan siap untuk menikahi janda kaya.

Nahid J dari kota Ishfahan berkenalan dengan pemuda yang lebih muda 4 tahun dari usianya. Ayahku memang setuju tapi ibuku tidak bisa menerimanya karena perbedaan usia tersebut. Karena suami yang lebih tidak menjamin kelanggengan perkawinan. Biasanya wanita lebih cepat tua ketimbang laki-laki. Menurut Husam, mahasiswa di Tehran mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kebangkitan kesadaran wanita iran yang bukan lagi anak kecil. Dia bagai kepala rumah yang bertanggungjawab sehingga memilih pasangan yang cocok dengan pribadinya.

Pengalaman Fariba (35 tahun) yang lama tinggal di Jerman, ketika balik ke Tehran untuk mencari pasangan yang cocok sangat sulit usia yang cock dengan saya diaman banyak seusia yang telah mati di medan perang. Oleh karena itu kita harus jujur melihat fenomena ini. Terlepas dari sebab apa, yang penting bahwa perkawinan perbedaan usia ini sebagai tandingan dari perkawinan tradisional pada masyarakat Iran.

(Al-Arab, london, 24 September 2008).

Tidak ada komentar: